cari lain

Kamis, 14 Januari 2010

Artikel

BELAJAR DENGAN SENANG 
ATAU
SENANG BELAJAR
( Oleh : Wing )
Proses belajar tidak lepas dari kondisi psikis siswa atau pebelajar. Dalam sebuah diskusi ringan dengan siswa.... muncul sebuah harapan untuk belajar langsung kelokasi . Dengan belajar langsung kelokasi siswa mudah untuk mengamati kondisi permasalahan sebenarnya dan kan mudah untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah.
Apakah hanya itu yang bisa mamacu siswa untuk belajar ? Bagaimana guru mampu memberikan konsep terbaik kepada siswa sehinnga siswa merasa senang dan nyaman dalam menjalani proses KBM di sekolah maupun dirumah. Sehingga timbul pertanyaan sudah profesionalkah saya..........................?
Bagaimana menjadi guru profesional..................................................!

Program Aplikasi Ms Word 2003

Modul  Pembelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas VIII Semester I

Penggunaan Aplikasi Pengolah Kata ( Ms Word)
Dalam rangka Meningkatkan Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi, di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan, Laboratorium Komputer memberikan modul Pembelajaran, Untuk kelas VIII semester I yaitu Penggunaan Program Aplikasi Ms Word 2003. Bagi anda yang membutuhkan silahkan di download di modul TKI MSword gratis, Semoga  Bisa Bermanfaat

Rabu, 13 Januari 2010

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan, yang kepingin Download Materi Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi bisa di ambil di sini...
MS Word
Materi Software

Semoga bermanfaat

Selasa, 12 Januari 2010

Palang Merah Remaja



Palang Merah Remaja Tingkat Madya Unit Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan. adalah salah satu Ekstrakurikuler yang ada di Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan. dimana Pesertanya adalah Seluruh siswa Kelas VIII yang yang berjumlah 290 siswa pada tahun pelajaran 2009/2010

Pembina Ekstrakurikuler PMR antara lain :
1. Nur HIdayat. S.Kom
2. Idha Kusimaningrum, S. Pd
3. Sudarti, S.Pd
4. Reni Budiarti, S. Psi
5. Muklis Huda, S.Hi

Dengan Moto

Tanggap, Tangguh, Trengginas

Para Senior PMR yang merupakan anggota PMR Anggatan 2008/2009 yaitu :

1


IX B

FATIMATUS. S

2


IX F

DEWI AGUSTIN

3


IX D

ALVI UTAMI

4


IX D

MURTINI

5


IX C

PATAYATI

6


IX D

IIS NALASARI

7


IX D

PUJIATI

8


IX F

ITA JUWITA SARI

9


IX E

SUMARTINI

10


IX A

TITIN ROHMAWATI

11


IX F

LALLATUL FITRI

12


IX B

AFRIANA AJENG N.L

13


IX F

LAILATUL M

14


IX F

NUR HIDAYATI

15


IX F

EVA SEPTA DIANA

16


IX C

WULANDARI. N

17


IX B

NUR VARIDA WATI

18


IX D

SRILESTARI

19


IX F

EKO ADITIYA. M

20


IX B

NOR FAJRI

21


IX D

JAINAL MASYHURI

22


IX F

DENI DWI F.A

23


IX F


24


IX D

YATNO

25


IX E

AMIN MUTMAINAH

26


IX A

RISALATUL

27


IX E

SULASTRI

28


IX E

SITI MARFUAH

29


IX E

LUSI RAHMAWATI

30


IX F

YENI MUFLIKHATI

31


IX E

TUTUS WAHYUNI

32


IX C

NURUL FITRI ANI

33


IX A

DEVI YUNITA

34


IX F

KARYANI

35


IX C

OLICIA DWI A.N

36


IX A

ENDAH PUSPITA SARI

37


IX D

NUR HIDAYAH


pada tanggal 24 s/d 25 Desember telah mengadakan Orientasi Penerimaan Anggota baru, dengan jumlah anggota yang hadir 280 anggota

dengan diwali rasa sukacita dan tanggungjawab Palang Merah Remaja Unit MTSN Panekan ikut mensukseskan program pemerintah yaitu Indonesia sehat. dengan melakukan bakti sosial menanggulangi Demam berdarah di desa desa sekitar dan melakukan penjelajahan dengan rute Ngruwut sampai Kompus MTsN Panekan yang berjarak Sekitar 10 Km


























































































































































MADRASAHKU KINI


Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas peseta didik. Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan. terus melakukan pengembangan di berbagai bidang mulai dari pengembangan Pembelajaran yang menyenangkan, sampai pada pengembangan minat dan bakat dari peserta didik.
Madrasah Tsanawiyah Negeri Panekan adalah Madrasah yang mengutamakan kualitas pendidikan, dengan adanya madrasah ini Masyarakat disekitar sangat terbantu dalam bidang pendidika. Sudah banyak lulusan yang berhasil dan sukses dalam menggapai karir.
Dengan di dukung oleh para pendidik ( Guru ) yang Profesional dengan dilandasi pendiikan yang berkualitas lulusan dari S-1 sampai S2 yang sesuai dengan bidang studinya masing masing. diharapkan peserta didik akan lebih bersemangat untuk mengikuti dan belajar di MTSN Panekan Tercinta.

1. Visi MTsN Panekan

Membangun Madrasah yang berkualitas berakhlak dan bermasyarakat

2. Misi MTsN Panekan

Melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang optimal dan terukur

Enciptakan lingkungan madrasah yang kondusif dan agamis bagi proses pembelajaran

Menumbuhkan semangat berprsetasi dalam setiap KBM perlombaan.

Mengintegrasikan nilai – nilai madrasah dengan masyaraka

3. Tujuan

  • Menyiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi
  • Menyiapkan siswa agar Mampu mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan IPTEK dan kesenian yang dijiwai ajaran islam.
  • Menyiapkan siswa agar mampu menjadi anggota Masyarakat dalam hubungan imbal balik dengan lingkungan sosial budaya yang dijiwai dengan suasana kekeluargaan dan keagamaan


4. DATA SISWA

Siswa /siswi MTsN Panekan terdiri dari berbagai kalangan mulai keluarga yang tingkat perekonomianya kurang sampai pada keluarga yeng perekonomiannya mampu, dan rata rata adalah mereka yang perekonomianya kurang mampu, sehingga Sekolah memberi kebijakan seluruh biaya akademik di gratiskan, mulai pembelian buku, dan semua kegiatan ekstrakurikuler, bahkan beberapa siswa mendapatkan uang saku, dan seragam

Siswa/siswi MTsN Panekan tidak hanya berasal dari satu daerah tapi juga dari beberapa daerah Misalnya dari Ngawi, Jakarta, Surabaya, Pasuruan, Kalimantan. Dimana siswa yang dari luar daerah bertempat tinggal di pondok pesantren. data tahun Pelajaran 2009/2010 jumlah total siswa adalah 790 orang



5. INTRAKSI SOSIAL

1. Hubungan guru dengan guru

Hubungan guru dengan guru secara keseluruhan berkesan sangat baik karena antara seorang guru dengan yang lain selalu saling memberi dan menerima saran dan kritik yang disampaikan demi tercapai tujuan yang akan datang pendidikan sesuai dengan yang diharapkan.

2. Hubungan guru dengan siswa

Hubungan guru dengan siswa di MTs Negeri Panekan Kabupaten Magetan sangat akrab, guru pun selalu terbuka dalam menerima keluhan setiap siswa, begitu juga dengan siswa tidak segan­-segannya untuk melaporkan setiap keluhan dan hambatan kepada gurunya. Sehingga mereka telah menganggap gurulah penganti orang tuanya di sekolah. Sehingga proses belajar mengajar menjadi sesuatu yang mendorong mereka, sehingga antara guru dengan murid sebagai mitra yang selalu menumbuhkan keinginan untuk belajar.

3. Hubungan siswa dengan siswa

Hubungan siswa dengan siswa terkesan sangat harmonis, karena antara siswa yang satu dengan yang lain menyadari bahwa keberadaan mereka di sekolah adalah untuk menuntut ilmu pengetahuan. Sehingga proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar.

4. Hubungan sosial secara keseluruhan

Hubungan sosial keseluruhan dinilai amat baik karena tampaknya hubungan tersebut dilandasi oleh rasa persaudaraan dan penghargaan yng tinggi, dimana suasana seperti ini diharapkan dapat terus berjalan lancar sampai tahun-tahun selanjutnya yang tentunya akan menambah harum nama MTs Negeri Panekan sendiri.